Curhat, tutorial, tugas kuliah, dll..

Analisis Website

Website adalah kumpulan dari halaman-halaman situs, yang biasanya terangkum dalam sebuah domain atau subdomain, yang tempatnya berada di dalam World Wide Web (WWW) di Internet. Sedangkan Blog merupakan singkatan dari “web log” adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Pada postingan ini saya akan mencoba menganalisis 3 URL, yaitu:


Dan setelah dianalisis, ketiga URL tersebut merupakan sebuah blog, karena:

1. Artikel diurutkan secara kronologis

Maksudnya ialah artikel diurutkan sesuai dengan waktu dipublishnya, artikel yang terbaru selalu terletak paling depan. Dan pada setiap artikel terdapat tanggal postingnya.  sedangkan pada website/bukan blog,  jarang terdapat tanggal postingnya, dan konten-konten/artikel yang didalamnya tidak diurutkan berdasarkan waktu.

Ketiga URL tersebut memiliki tanggal pada setiap artikelnya,  serta artikelnya diurutkan secara kronologis dan konten di-update secara berkala. Perhatikanlah screenshoot ketiga URL tersebut dibawah ini:

2. Pengunjung dapat menulis komentar pada artikel

Bila situs/website bukan blog, biasanya hanya menyediakan komunikasi 1 arah, maksudnya ialah pengunjung tidak bisa memberi komentar atau tanggapan pada artikel. Sedangkan pada blog, memungkinkan terjadinya komunikasi 2 arah, yaitu pengunjung dapat memberikan komentar pada artikel, dan pada artikel tersebut dapat terjadi berbalasan komentar, sehingga dapat terbentuk suatu diskusi pada artikel tersebut.

Ketiga URL tersebut memiliki komunikasi 2 arah, sehingga pengunjung dapat memberi komentar pada setiap artikel (kecuali untuk artikel yang di set tidak dapat menerima komentar). Perhatikanlah screenshoot ketiga URL tersebut dibawah ini:

jforjessy.wordpress.comwartajazz.com

harrywardana.net

3. Menggunakan wordpress generator

wordpress adalah salah satu layanan untuk membuat sebuah blog,  oleh karena itu blog yang dibuat di wordpress akan memiliki source code <meta name=”generator” content=”{wordpress sesuai dengan versinya}” /> . Ketiga URL diatas memiliki generator yang sama, yaitu wordpress. Akan tetapi memiliki versi yang berbeda. Untuk lebih jelasnya, perhatikanlah screen shoot source code ketiga URL dibawah ini:

je

4. Menggunakan blogroll

Blogroll adalah kumpulan pranala ke beberapa blog yang lain. Blogroll biasanya ditempatkan di baris samping (sidebar) halaman muka kebanyakan blog. Masing-masing pentulis blog memiliki kriteria berbeda untuk memasukkan blog lain ke dalam blogroll mereka. Beberapa blogroll dapat berisi daftar weblog yang biasa dibaca oleh penulis dan beberapa pengumpul berita. Blogroll juga merupakan bentuk solidaritas sesama blogger untuk saling meningkatkan traffic pengunjung.

Pada bagian kiri ialah blogroll pada harrywardana.net dan sebelah kanan ialah blogroll pada jforjessy.wordpress.com, sedangkan pada wartajazz.com tidak ditemukan blogroll. Blogroll tidak mutlak harus dimiliki sebuah blog, karena seorang penulis blog dapat membuat sebuah blogroll atau menghilangkannya sesuai dengan keinginannya.

Advertisements

Comments on: "Analisis Website" (1)

  1. […] Analisis Website […]

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: