Curhat, tutorial, tugas kuliah, dll..

Untuk menginstall wordpress pada local host agar wordpress tersebut dapat dijalankan secara offline adalah dengan cara menginstall terlebih dahulu XAMPP, selanjutnya menginstall wordpress.

Installasi Xampp

Lalukan cara installasi seperti layaknya installasi program-program lain. Setelah installasi selesai, maka secara otomatis aplikasi akan memberi pilihan untuk masuk control panel, klik ‘yes’ untuk masuk kedalam konfigurasi control panel.



1. Tekan tombol start untuk memulai layanan apache dan mysql

2. Setelah XAMPP telah berjalan dengan apache dan mysql tersebut, maka PC/komputer kita telah dapat menjadi sebuah local host (server offline), untuk mengujinya kita dapat mengakses http://localhost dari web browser yang kita miliki, bila installasi berjalan lancar maka tampilannya akan seperti ini:

3. Setelah itu lakukan setting security, dapat melalui http://localhost/security/index.php

4. Setelah melakukan setting security dengan memasukkan password, masuklah kembali pada http://localhost dan pilih phpmyadmin, login lah dengan password yang anda buat tadi (username standard ialah root).  Setelah itu buatlah database MySQL dengan nama wordpress.

Installasi wordpress

ekstract file .zip wordpress di folder htdocs yang ada didalam folder XAMPP yang telah diinstall tadi. Htdocs berfungsi seperti public_html apabila menggunakan web hosting server. Dan windows explorer anggap saja sebagai FTP yang ada didalam web hosting server kita.

Masuklah kedalam folder htdocs, disana akan terdapat folder baru dengan nama wordpress, buka folder tersebut dan buka file wp-config-sample.php menggunakan notepad. Selanjutnya kita hanya perlu memodifikasi 3 baris di file ini, yaitu: DB_NAME, DB_USER dan DB_PASSWORD. setelah selesai, maka simpan file tersebut dengan nama wp-config.php

setelah itu, buka browser yang dimiliki dan tulis alamat http://localhost/wordpress/wp-admin.php/install.php dan lanjutkan penginstallan sesuai dengan instruksi yang diberikan. Setelah proses installasi selesai, maka blog wordpress offline siap untuk digunakan dengan alamat http://localhost/wordpress

Keunggulan WordPress offline

  • Tidak memerlukan koneksi internet, sehingga lebih hemat biaya
  • Loading cepat, karena tidak tergantung pada bandwith
  • Dapat mengedit CSS
  • Dapat memanfaatkan plug in secara lebih bebas, dan lebih bervariasi
Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: