Curhat, tutorial, tugas kuliah, dll..

tulisan ini hanyalah opini saya pribadi, jadi jangan dianggap sebagai suatu bentuk motivasi anda untuk kuliah santai-santai..

Apa sih kelebihannya lulus cepet?

mungkin sebagian orang berkata kalau lulus cepet itu cepet cari kerja, cepet sukses, cepet punya penghasilan sendiri dan tentunya bakal meringankan beban orang tua. itu sih kata anak2 yang punya targetan lulus cepat plus IPK maut!
tapi apa iya yaa? dengan lulus cepet semua itu pasti terwujud?
lulus cepat mungkin bisa cari submit lamaran kerja duluan dari temen-temen yang lulusnya santai, tapi apa iya bakal dapet kerja lebih duluan? Nah kan, kembali lagi sih pada orientasi kuliah kamu itu apaa..

orientasi kuliah kamu?

Beberapa mahasiswa bilang “saya ingin ipk d atas 3,5” ada juga yang bilang “ingin lulus cepat dengan ipk tinggi” ada yg bilang “engga apa2 lulus santai yang penting ipk bagus” atau bahkan ada juga yg bilang “ah, yang penting saya lulus dan punya gelar”
Nah kamu itu yang mana? adakah diantara keinginan kamu yg tertera diatas?
Atau adakah yang ingin seperti ini, “saya yang penting lulus itu udah punya sesuatu yang bakal menjamin kehidupan saya di masa depan”
hmm.. balik lagi ke diri kamu sendiri, jangan terpengaruh oleh orang lain..
IPK itu ga akan terlalu berpengaruh loh (ya tapi jangan sampe ipk di bawah 2 juga, kasian ortu)
So? ya kamu harus pikirin masa depan kamu jauh lebih depan lagii, jangan cuma mikir sampe wisuda dapet gelar, dan jadi mahasiswa terbaik. setelah itu? …..
Ada banyak mahasiswa yang setelah lulus itu mereka hanya bisa duduk dibarisan pengangguran, kenapa? ya iyalah emangnya jumlah perusahaan yang bisa menampung itu ada berapa ratus juta?
Nah, udah kebuka belum pikiranmu?
hidup sekarang itu serba susah, mau gelar kamu S,M, atau XL,L,XXL (emang ukuran bajuu?) juga belum bisa jamin kamu bakal diterima kerja diperusahaan.
jadi ya solusinya kamulah yang harus menciptakan lapangan kerja itu sendiri, mulailah rubah orientasi kuliah kamu dari ipk menjadi lifeskill. Toh, bilgates juga ga pernah lulus kuliah kan? tapi? sukses juga kan? Lifeskill itu sangat penting, gmn caranya kamu bisa survive di kehidupan yang keras ini. Kalo ipk? ya gampanglah, kamu belajar aja mati-matian dirumah pasti ipknya bisa 4.. kalo lifeskill? ya engga gampang lah, kamu belajar lifeskill mati-matian di kamar, sampe engga tidur juga ga bakalan dapet skillnya. Kamu harus lihat dunia luar, lihat peluang, lihat masyarakat, lalu lakukanlah. gagal atau sukses itu lifeskill kamu akan bertambah. lifeskill itu ya cuma bisa didapat dari pengalaman hidup yang engga cuma diem dikamar dan belajar ajaa..
IPK 4 pun kamu masih punya ratusan saingan, nah kalo kamu cuma ngandelin ipk, ya susahlaaah..

kesimpulan

Mau lulus cepat atau lulus standar/santai, yang penting tuh orientasi kuliah kamu udah tercapai 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: