Curhat, tutorial, tugas kuliah, dll..

artikel ini iseng2 saya tulis karena saya jarang nulis artikel curhat di blog, padahal blog itu lebih utama kalo nulis pengalaman yang curhat2 gini. ahahaha

PKL (Praktek Kerja Lapangan) atau kalau di kampus saya disebut (Kerja Praktek) merupakan kegiatan mengenal dunia kerja yang biasanya diwajibkan untuk universitas/institusi kepada mahasiswanya agar memiliki sedikit pengalaman tentang dunia kerja. Kegiatan ini biasanya dilakukan dalam jangka waktu tertentu (1-2 bulan) pada masa liburan. Untuk memulai PKL ini mahasiswa harus menentukkan sendiri perusahaan mana yang ingin ia tempati sebagai tempat PKL. Biasanya ada prosedur tersendiri untuk memasuki sebuah perusahaan. (biasanya sih submit proposal, surat dari kampus, dan CV aja). Kegiatan ini dapat dilakukan secara berkelompok ataupun perorangan.

Nah, langsung saja sekarang ke pengalaman saya PKL di Telkom Japati. PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. (TELKOM) merupakan perusahaan penyelenggara bisnis T.I.M.E (Telecommunication, Information, Media and Edutainmet) yang terbesar di Indonesia. Saya bersama arie, putri memulai kegiatan PKL ini bulan Juni. Setelah sebelumnya (mungkin 1 bulan sebelumnya) mengirimkan requirement untuk PKL kepada Telkom Japati. Setelah beberapa minggu jika proposal PKL kita itu di ACC, maka akan ada surat balasan dari perusahaan bahwa kita diterima sebagai PKL disana dari tanggal sekian hingga tanggal sekian. Kebetulan kemarin saya ditempatkan di lantai 4 di bagian Information System Center (ISC) tepatnya lagi bagian BCEO (bagian yang lebih spesifik mengurus SAP)

Pada minggu pertama masuk kerja, saya dikenalkan dengan organisasi di Telkom sendiri beserta dengan gambaran pekerjaan yang nanti akan dikerjakan. Menurut saya, sangatlah sulit untuk mengerti Telkom secara keseluruhan, apalagi kalau sampai harus mengerti seluruh proses bisnisnya. Bahkan hingga selesai KP pun saya masih blm bisa mengerti dengan sangat jelas. Oleh karena itu, saran saya segeralah bertanya jika memang blm paham dan jangan juga kita terlalu detail dalam bertanya (nanti orang telkomnya cape, kasian), bertanya masih bisa kita lakukan secara berkala selama kegiatan PKL.

Minggu kedua agak kurang efektif karena kebetulan pembimbing lapangan (pegawai telkom yang bertanggung jawab utk kelompok kami) ada urusan diluar kota. Jadi biasanya saya pulang setengah hari Smile with tongue out dan kegiatan saya hanyalah belajar ABAP.

Minggu ketiga dan seterusnya sudah mulai efektif ngoding2. Saya dikenalkan dengan sistem SAP Ticares yang ada disana, dan saya diminta untuk mendevelop sebuah source untuk pelaporan dan penyimpanan ke database oracle Jakarta. Selain itu juga saya diminta untuk membuat aplikasi untuk dokumen dan berita yang dibangun dengan webdynpro. Dan jujur itu sulit juga buat saya, dan sampai akhir KP pun aplikasi itu blm selesai, dan saya masih harus tetap kekantor untuk menyelesaikannya Open-mouthed smile

Kenyamanan bekerja di Telkom Japati

Nah, ini saya sedikit share tentang kenyamanan yang saya dapatkan ketika bekerja sebagai PKL di Telkom Japati.

  1. Tempat dan suasana kerja yang nyaman. Setiap pegawai Telkom diberikan sebuah meja kubikal dilengkapi dengan fasilitas LAN dan stop kontak, beberapa kubikal aja juga yang dilengkapi dengan komputer. Kalau PKL agak suram sih, ga ada tempat kerja yang pasti alias kita harus nomaden (berpindah-pindah) ke tempat yang kosong (kubikal yang kosong), walaupun tempat untuk PKL juga sudah disediakan, tapi ga muat soalnya PKLnya banyak banget. tapi walaupun begitu, PKL selalu di support dan berikan fasilitas yang baik, jadi pasti dapat tempat ko Smile
  2. Agamis. agamis disini bukan dalam artian kayak  pesantren gitu yaaa. tapi ya lingkungannya nyaman aja. Selalu ada pengingat pada setiap waktu shalat, dan ketika waktu shalat itu pasti mesjid di kantor (lt 2) pasti selalu ramai. Setelah shalat biasanya ada kultum (dzuhur) dan tilawah Alquran (ashar). Wah pokoknya mantep banget. Oiya untuk non-muslim biasanya juga ada acara2 keagamaan gitu, tapi saya kurang tau juga sih soalnya saya ga ngikutin acara2 itu.
  3. Letaknya di kota. iyalah secara letaknya di depan gasibu, kalau mau kemana2 deket.
  4. Sifat kerjanya santai tapi serius. Maksudnya santai disini ialah kita tidak dipaksakan atas suatu hal dan dipatok dengan deadline yang sangat singkat. walaupun memang terkadang juga kita harus ngebut sih untuk ngejar target, tapi itu cuma kadang2 aja.
  5. Lingkungan yang ramah. semua keluarga Telkom (pegawai, manajer, dll) menurut saya sangat ramah dan welcome terhadap orang baru yang biasanya tanya2 banyak (contohnya PKL).
Advertisements

Comments on: "Share Pengalaman PKL di Telkom Japati" (1)

  1. Wah, thx atas sharing pengalamannya..

    Saat ini gue lagi mencari-cari Tempat Magang Di Jogja dan blog lo ini cukup memberi motivasi buat gue untuk tetep semangat..

    hahaha… thx again

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: